Posted in Friday Free day, LA LA LA THINGS, LOVELY DOCTOR'S NOTE

10 Tanda Ini Dialami Orang yang Depresi. Apa Kamu Juga Mengalaminya?

Belakangan ini kita sering dikejutkan dengan pemberitaan artis Korea yang mengakhiri hidupnya di usia yang masih muda. Pemicunya dikabarkan adalah depresi akibat tekanan-tekanan sosial, baik itu tuntutan pekerjaan maupun cyberbullying.

Depresi merupakan salah satu gangguan psikologis yang bisa diderita oleh semua orang. Saat seseorang tidak mampu mengelola stress dan tidak memiliki cukup dukungan dalam melalui masalahnya, orang tersebut dapat jatuh ke kondisi depresi.

Depresi yang dialami seseorang bisa dari ringan sampai berat. Depresi yang berat bila tidak tertangani dengan baik bisa berujung pada percobaan bunuh diri. Amit-amit, jangan sampai ya. Yuk kenali tanda-tanda depresi berikut ini.

1. Merasa sedih sepanjang waktu.

Perasaan sedih bisa saja sesekali hinggap dalam keseharian. Melihat kucing yang dianiaya anjing bisa membuat kita sedih sesaat. Orang yang sedang depresi hampir setiap saat merasa murung dan sedih bahkan terhadap hal-hal kecil. Jika rasa sedihmu berlangsung lama sampai mingguan atau bulanan, segera cari bantuan ya.

2. Kehilangan minat terhadap hal-hal yang sebelumnya disukai.

Bila sebelumnya memiliki hobi bermain PUBG kemudian kehilangan minat untuk memainkannya bahkan saat memainkannya pun tidak merasa senang seperti biasa, patut diwaspadai, jangan-jangan ada gejala depresi lainnya.

3. Mudah merasa lelah.

Sudah tidur 8 jam, aktivitas juga tidak terlalu banyak tetapi badan dan pikiran selalu saja merasa lelah dan rasanya tidak berenergi.

4. Konsentrasi berkurang.

Sering kehilangan konsentrasi, seperti saat menuangkan air di gelas tidak sadar sampai airnya kepenuhan.

5. Kehilangan self esteem.

Biasanya merasa oke saat selfie, tetapi saat depresi bahkan untuk melihat diri di cermin saja rasanya sungguh memalukan.

6. Merasa bersalah dan tidak berguna.

Hal-hal kecil terasa terjadi kesalahan kita, bahkan hari ini mentari tak bersinar juga karena kesalahan kita.

7. Kesulitan tidur.

Biasanya ngantuk dan bisa tidur dengan pulas, tetapi belakangan sudah memejamkan mata berjam-jam masih juga terjaga.

8. Nafsu makan menurun bahkan tidak ada nafsu makan.

Jangankan nasi Padang, Pizza, bahkan Boba pun di depan mata tak lagi menggugah selera.

9. Pesimis terhadap masa depan.

Beberapa orang mungkin memiliki sifat pesimis, namun bila sikap pesimis anda juga dibarengi gejala-gejala sebelumnya ada kemungkinan Anda mengalami depresi.

10. Memiliki ide untuk mencederai diri sendiri.

Bila hidup seperti sudah tak ada gunanya dan timbul pikiran atau keinginan untuk mencederai diri atau mengakhiri hidup, jangan!

Segera cari pertolongan ke orang yang dipercaya atau hubungi tenaga kesehatan yang kompeten seperti psikolog atau psikiater bila Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas.

Jika permasalahan hidup rasanya terlampau berat, tidak apa-apa. Semua itu bukan salahmu. Tenangkan hati, yang Kau takutkan tak kan terjadi. (Kunto Aji, dalam lagu ‘Rehat’).

Author:

Cogito Ergo Sum, que sera sera.

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s