Posted in LA LA LA THINGS, LOVELY DOCTOR'S NOTE

Suntik Vitamin C Bisa Bikin Kulit Putih? Ini Faktanya

Good day good people, om swastyastu.

Memiliki kulit yang putih bersinar sepertinya masih menjadi idaman bagi sebagian orang-orang Indonesia. Apalagi dengan pengaruh K-beauty, banyak orang yang berhasrat agar kulitnya putih bersih dan tentu saja: ‘glowing’ bagai lampu Phillip 100 watt.

Berawal dari konsultasi seorang teman saya yang mengeluhkan kulitnya kusam dan kehitaman akibat paparan sinar matahari. Dia pun menanyakan suntik vitamin C untuk mencerahkan kulitnya.

Jadi benar ngga sih, suntik vitamin C bisa membuat kulit menjadi putih?

Oke, mari kita dongeng ilmiah dulu dikit ya tentang asal muasal warna kulit.

Lapisan Kulit dan Pigmentasi

Kulit terdiri atas beberapa lapisan. Lapisan terluar yaitu epidermis dan lapisan yang lebih dalam yaitu dermis dan hipodermis. Pada lapisan epidermis terdapat melanosom, sel yang mengandung melanin. Melanosom disintesis oleh melanosit dengan bantuan enzim tirosinase. Melanosom ini nantinya akan disebar ke keratinosit. Proses pembentukan melanin ini disebut melanogenesis.

Warna kulit tiap-tiap orang akan berbeda-beda tergantung dari kuantitas dan kualitas melanosom, selain juga dipengaruhi oleh genetik dan paparan sinar matahari. Melanosit menghasilkan 2 jenis melanin, eumelanin yang menghasilkan warna coklat-gelap dan peomelanin yang menghasilkan warna kuning-merah muda. Melanin inilah berperan dalam mengatur kadar UV yang akan diserap oleh kulit. Orang-orang yang tinggal di daerah dengan paparan sinar UV berlebihan akan memiliki eumelanin yang lebih banyak dan memiliki kulit yang lebih gelap. Sementara itu, orang-orang yang tinggal di daerah dengan sedikit sinar matahari akan memiliki jenis kulit yang lebih terang untuk membantu menyerap sinar UV dalam proses pembentukan vitamin D.

Manfaat Vitamin C untuk Kulit

Kulit yang sehat adalah kulit yang ternutrisi dengan optimal. Salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit adalah vitamin C. Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kulit diantaranya: membantu pembentukan kolagen (yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit, penyembuhan luka), sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan kulit oleh stres oksidasi, dan menghambat melanogenesis.

Vitamin C pada jaringan kulit lebih banyak ditemukan di intraseluler. Distribusi vitamin C dari plasma ke jaringan kulit dibantu oleh specific sodium dependent vitamin C transporters (SVCT). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin C dalam suatu jaringan tergantung dari saturasi vitamin C dalam plasma. Namun, belum cukup penelitian yang menunjukkan hubungan antara akumulasi vitamin C dalam kulit dengan asupan nutrisi atau plasma. Terdapat dua penelitian yang menunjukkan meningkatnya jumlah vitamin C dalam kulit setelah suplementasi vitamin C, tetapi tidak terdapat pengukuran yang adekuat terhadap jumlah vitamin C dalam plasma peserta penelitian baik sebelum maupun sesudah intake vitamin C tersebut.

Jadi, apakah vitamin C bisa membuat kulit putih?

Bisa, melalui mekanisme penghambatan melanogenesis. Namun, masih belum jelas seberapa banyak vitamin C yang masuk ke tubuh hingga dapat meningkatkan kadar dalam plasma hingga terdistribusi ke kulit.

Bagi yang haus ilmu dan ingin mendapat pengetahuan yang lebih lengkap, dipersilakan untuk menuju link di bawah ini. πŸ˜„

Referensi:

1. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Human_skin_color

2. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0047248485800944

3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5579659/

Btw, ini niat banget ngisi referensi biar tulisannya berdasarkan fakta ilmiah bukan berdasarkan kenangan atau khayalan penulis. Udah kaya nulis paper zaman kuliahan ya. Hehe, udah pantas kan ya kalau mau lanjut kuliah lagi ? :p

With love,

Author:

Cogito Ergo Sum, que sera sera.

3 thoughts on “Suntik Vitamin C Bisa Bikin Kulit Putih? Ini Faktanya

    1. Terima kasih Mbak Lin. Syukurlah enak dibaca, padahal ini penulisnya kadang-kadang suka lebay gitu. Thank you for stopping by. :))

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s