A Short Flashback

Good day good people

Kemarin di timeline saya ada banyak postingan adik-adik kelas yang memajang foto pelantikan dokter. Wajah sumringah jelas terlihat disana didampingi orang-orang terdekat mereka. It was nostalgic. Saya teringat setahun yang lalu juga berada di masa itu, masa dimana untuk pertama kalinya saya resmi menjadi dokter.

Bangga? Tak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata. Di mata ini terasa ada banyak harapan dan mimpi. Ada syukur mendalam di lubuk hati, karena satu puncak kecil itu tidak saya capai sendiri tetapi juga atas keringat kedua orang tua.  Semangat berkobar kala itu, karena saya baru naik satu tingkat dalam salah satu daftar mimpi saya. Saya ingat ketika itu, ada janji yang saya ikrarkan, ada sumpah yang saya lafalkan.

Setahun berlalu sejak hari dimana semangat itu tumbuh, semangat itu kini mengalami stagnansi. Dorman. Ketika menjalani internship dan ketika sampai pada tahap pertengahan untuk segera merencanakan mimpi yang baru. Mimpi saya masih sama: menjadi dokter yang profesional. Ah, bukankah perlu sedikit perubahan yang lebih spesifik? Semacam spesialisasi atau arah kinerja saya ke depan? Klinik atau preklinik? Medik atau Bedah? PTT ? Kontrak?

Bahkan bila ditanya saat ini saya masih belum bisa menjawab pasti. Keinginan selalu ada, tetapi terkadang terbentur realita. Hanya bisa menyimpan mimpi di benak pribadi, perlahan mencari sebuah jalan kedepan profesi ini.

Keep dreaming and try to make it comes true- phoenix radio

With love

Leave a comment

