The Healthy Hearty Breakfast : Oat

20150912_081349

Dear people, good morning. Did you have your breakfast this morning? I just had a bowl of oat milk.

Saya mungkin satu diantara banyak orang yang sudah termakan iklan. Iklan di tv yang menyajikan produk secara visualisasi kreatif memang sanggup membuat makanan biasa saja jadi terlihat istimewa dan akhirnya membuat konsumen ingin mencoba.

Ya, saya salah satu konsumen itu. Setelah melihat iklan dan merasa tergoda dengan tampilan kemasannya, akhirnya saya memutuskan membeli beberapa sachet Oat dan menyeduhnya pagi ini sebagai menu sarapan.

Setelah dicoba, ternyata rasanya enak. Apalagi isi potongan-potongan buah. Meskipun, yah.. buah kering yang pastinya sudah diawetkan, tapi rasa buahnya masih terasa. Strawberry yang sedikit asam dan bluberi yang manis.

Terlepas dari isi atau tidaknya potongan buah, oat yang terbuat dari gandum diketahui mengandung soluble fiber (serat) mampu menurunkan kadar LDL (low density lipoprotein) kolesterol jahat dalam darah. Selain oat, jenis makanan lainya yang mengandung soluble fiber yaitu apel, kacang, pear, dan buah plum (ada di Indonesia?)

Penumpukan kolesterol jahat dalam darah dapat menyebabkan hipertensi, dislipidemia, penyakit jantung koroner dan stroke. Berdasarkan data Departemen Kesehatan RI, diperkirakan bahwa kematian akibat penyakit kardiovaskuler di dunia pada tahun 2008 mencapai 17,3 juta jiwa. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat sampai 23,3 juta jiwa di tahun 2030. Apakah kita akan termasuk diantaranya? Hm..

Berhubung Hari Jantung Sedunia sudah dekat, yang diperingati tiap 29 September, ada baiknya kita juga mengingat dan melakukan beberapa hal untuk menyayangi jantung kita. Caranya :

  1. Diet sehat. Makan makanan yang bergizi, kurangi makanan yang banyak kolesterol jahatnya dan perbanyak konsumsi makanan yang berserat dan bervitamin.
  2. Olahraga. Olahraga ringan selama 30 menit sekitar 2 sampai 3 kali seminggu akan membantu menjaga stamina dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Kurangi merokok dan konsumsi alkohol, bahkan lebih baik dihentikan.

Sayangi Jantung Anda.

with love,

Advertisements

6 thoughts on “The Healthy Hearty Breakfast : Oat

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s