“If a man can control his mind he can find the way to Enlightenment, and all wisdom and virtue will naturally come to him.” Buddha

“To enjoy good health, to bring true happiness to one’s family, to bring peace to all, one must first discipline and control one’s own mind. If a man can control his mind he can find the way to Enlightenment, and all wisdom and virtue will naturally come to him.” Buddha

Ketika saya masih duduk di sekolah dasar, guru saya pernah bertanya. Apakah dari manusia yang bergerak lebih cepat dari angin? Lebih liar dari kuda? Saya dan beberapa murid lainnya bingung, tidak tahu harus menjawab apa. Guru kami pun memberi jawabannya, sesuatu dalam diri manusia yang lebih cepat dari angin dan lebih liar dari kuda adalah “pikiran”

Kita sering mendengar orang-orang besar berkata ” You are what you think “, kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Ini berarti segala yang ada di pikiran kita dapat mempengaruhi tindakan kita dan menjadikan kita seperti apa yang kita pikirkan. Mengetahui hal ini, kita tentu akan memilih untuk senantiasa berpikir yang baik. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri ada terkadang kita bisa larut dalam pikiran yang negatif. Berangkat dari hal tersebut, tentu kita akan belajar tentang bagaimana caranya dalam mengendalikan pikiran kita agar bisa selalu berpikir yang baik.

Saya baru saja mendapatkan cerita, semoga menginspirasi 🙂

(source)

Dahulu kala ada seorang raja yang sangat bijaksana. Suatu hari ia memberikan hadiah pada para penduduk berupa seekor kambing. Raja menugaskan rakyatnya untuk memelihara kambing tersebut. Ada satu permintaan unik yang diajukan raja, ia ingin agar penduduk membuat kambing-kambingnya tidak mau makan rumput, bagaimana pun caranya. Raja akan memberikan hadiah bagi ia yang berhasil memenuhi permintaan raja.

APF0227

Penduduk berpikir, bila kambing-kambing diberi makan yang lain sampai perutnya kenyang maka pastil lah kambing-kambing itu akan menolak untuk makan lagi bahkan meskipun bila kambing itu disodori dengan rumput. Penduduk kemudian memelihara kambing-kambingnya dengan cara tersebut, memberi makan kambing dengan jenis makanan lain sebanyak-banyaknya.

Untitled36

Ada seorang gadis yang memelihara kambing dengan cara yang lain. Si Gadis justru meletakkan rumput dihadapan kambingnya. Namun, ketika kambingnya hendak menggigit rumput, gadis itu memukul mulut kambingnya. Begitu terus menerus hingga kambingnya bahkan tidak mau menyentuh rumput sedikitpun meskipun perutnya belum kenyang.

Beberapa lama kemudian, Raja memerintahkan para penduduk membawa kembali kambingnya ke istana untuk diperiksa. Saat dihadapkan dengan rumput, kambing-kambing itu langsung memakannya dengan lahap. Tetapi, hanya ada satu kambing yang bahkan tidak mau melihat rumput di depannya. Kambing itu adalah milik si gadis. Raja kemudian memberikan hadiah kepada gadis itu karena telah berhasil mendidik kambingnya sesuai keinginan sang raja.

Cerita diambil dari

 “Tapovanam” karangan Jandhyala Venkatesvara Sastry

Pikiran kita ternyata sama seperti kambing. Jika kita ingin membuat pikiran kita tunduk dan tidak liar, diperlukan latihan dan disiplin yang ketat dalam mengendalikan pikiran.

Sampai hari ini pun saya masih belajar untuk mengendalikan pikiran-pikiran negatif yang terkadang muncul tak diundang. Biasanya ketika pikiran negatif muncul, berhentilah sejenak, sadarlah bahwa pikiran itu tidak baik dan hanya melemahkan diri sendiri. Lalu gantilah ke pikiran yang baik. 🙂

Seorang teman dari LSM Latamahosadhi pernah berkata,

“pikirkanlah pikiran yang baik, maka kita akan menarik kebaikan lebih banyak.”

Hal serupa juga sering diucapkan oleh guru-guru the Secret dimana kunci dalam menarik segala sesuatu adalah pikiran! Jadi, tunggu apa lagi. Jika ingin menarik yang baik, berpikirlah yang baik.

“Segala yang diucapkan memang tampak mudah dan susah dilakukan, tetapi susah bukan berarti tidak mungkin” Aji, my father.

Selamat berakhir pekan 🙂

Berikut adalah sebuah video yang saya peroleh dari youtube, mari kita lihat seberapa positif pikiran kita 🙂

have a great week end 🙂

source of quote : read more at http://www.brainyquote.com/quotes/keywords/mind.html#5k58ydM252AER1RE.99

Advertisements

4 thoughts on ““If a man can control his mind he can find the way to Enlightenment, and all wisdom and virtue will naturally come to him.” Buddha

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s