“Honesty and integrity are absolutely essential for success in life – all areas of life. The really good news is that anyone can develop both honesty and integrity.”- Zig Ziglar

“Kejujuran dan Integritas adalah sangat penting dalam meraih sukses kehidupan – di semua aspek kehidupan. Kabar baiknya, setiap orang bisa membangun keduanya, kejujuran dan integritas” – Zig Ziglar.

Masih dalam atmosfer tahun baru dan semangat untuk menjadi lebih baik, saya merasa harus membangun diri saya yang baru dengan beberapa sikap yang positif. Dua diantaranya adalah integritas dan kejujuran. Belakangan ini saya merasa bahwa ada sikap saya yang kurang jujur dan mungkin ada beberapa penyelewengan integritas yang meskipun dalam skala kecil, tetapi tetap saja hal tersebut tidak boleh selalu ditolerir. Pepatah mengatakan, “suatu perbuatan kecil berulang-ulang akan menjadi kebiasaan dan kebiasaan yang diteruskan akan menjadi karakter”

Berikut adalah salah satu cerita yang yang saya dapatkan tentang integritas.ย .

Ada seorang wanita yang sedang berbincang dengan sekelompok wanita. Ia menegaskan bahwa amal dan kebajikan tidak boleh disia-siakan kepada pengemis dan orang malas, namun wajib menolong hanya pada mereka yang lemah, cacat tidak mampu atau orang tua.

images (3)

Setelah pertemuan bubar, ada seorang buta meminta pertolongan, tetapi wanita itu mengusirnya karena merasa terganggu. Sesaat kemudian, datang seorang pendeta yang meminta sedekah sambil menyanyikan lagu-lagu suci. Wanita itu memberi nasi, uang dan bersimpuh di kaki pendeta memohon berkat.

Anak laki-lakinya, yang melihat itu, bingung dan bertanya pada ibunya,”Ibu, apa yang ibu katakan saat ceramah tadi dan apa yang baru saja ibu lakukan?”. Ibunya marah dan berkata, “Apakah setiap orang dapat melakukan apa yang dikatakan?”

mendidik-disiplin-anak1

Si Anak kemudian pergi bersama ayahnya ke kantor. Di sana sang ayah bercerita tentang pendidikan dan menyimpulkan kata-katanya bahwa setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang baik untuk mengatasi permasalahannya. Seorang anak miskin yang mendengar itu, masuk dan berkata, “terima kasih atas dukungan Bapak terhadap pendidikan, namun saat ini saya kekurangan satu rupee untuk membayar biaya sekolah, mohon bantulah saya.” Akan tetapi, pria itu berkata bahwa ia tidak bisa membantunya, ia menunjukkan dompetnya yang kosong. Si anak miskin pergi dengan kecewa. Beberapa saat kemudian, datang teman-teman karyawan mengatakan bahwa akan diadakan penyambutan untuk karyawan baru. Mereka meminta sumbangan dan pria itu dengan senang hati memberikan 20 rupee.

Anak dari pria tersebut kemudian berkata, “ayah, engkau berbicara tentang pendidikan dengan sangat semangat tetapi mengapa saat seorang siswa miskin meminta hanya satu rupee saja Ayah tidak mau memberikan, sementara ayah dengan senang hati memberikan 20 rupee untuk pesta penyambutan?.” Si ayah geram dan marah, “Apakah setiap perkataan orang-orang harus sesuai dengan perkataan mereka? Diam kau dan pergilah sekolah!”

9-kalimat-yang-tak-boleh-dikatakan-orang-tua-pada-anak

Di sekolah, anak itu duduk untuk menerima pelajaran. Gurunya masuk dan kebingungan karena pengawas sekolah akan datang. Ia kemudian berkata kepada murid-muridnya, “Kita sudah menyelesaikan 23 pelajaran, akan tetapi bila pengawas bertanya, katakanlah kita sudah menyelesaikan 32 pelajaran. Sekarang saya akan mengajarkan pelajaran yang ke-33. Bila pengawas datang, saya akan mengajarkan sekali lagi dan semua pertanyaan yang saya tanyakan saat ini akan saya ulangi lagi nanti sehingga kalian dapat menjawab semua pertanyaan dengan benar.

Saat si Guru sedang sendirian, anak ini bertanya pada gurunya, ” Pak, anda baru saja mengajarkan kami tentang Sathya Hariscandra, seseorang yang terhormat karena kebaktiannya pada kebenaran. Ketika Bapak mengajarkan tentang itu, Bapak malah menyuruh kami berbohong. Apakah itu benar?”. Gurunya sangat marah, “Adakah seseorang yang tindakannya sesuai dengan perkataanya?”

post-8

Keesokan harinya, si anak menyingkirkan semua bukunya dan tidak mau sekolah. Orang tuanya kemudian meminta gurunya datang. Di depan ketiga orang tua tersebut, anak ini berkata, “Kalian mengajarkan kepadaku hal-hal yang baik. Tetapi kalian tidak mengijinkanku berbuat sesuai dengan apa yang aku dengar dari kalian. lalu untuk apa aku mempelajarinya?”. Usai mendengar kata-kata anak tersebut, mereka merasa bersalah dan menyesal.

diambil dari Tapovanam, Sri Sathya Sai Sathcharitraย Hal.99-102.ย 

karangan Jandhyala Venkatesvara Sastry.

Dari cerita tersebut dapat saya simpulkan bahwa untuk berkata-kata yang baik, memang sangat mudah tetapi tantangan terbesarnya adalah bahwa kita harus bisa bertindak sesuai dengan apa yang kita katakan.

“Kata-kata saja tidaklah cukup, tindakanmu haruslah sesuai dengan apa yang engkau katakan.” – Baba.

Cerita lainnya dari seorang Presiden Amerika ke-16, Abraham Lincoln

Selamat akhir pekan, semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik, jujur dan berintegritas ๐Ÿ™‚

Advertisements

2 thoughts on ““Honesty and integrity are absolutely essential for success in life – all areas of life. The really good news is that anyone can develop both honesty and integrity.”- Zig Ziglar

    1. “Kejujuran memang penting sekali..karena sulit untuk membangun kepercayaan seseorang” – Indah Susanti, 2015.
      Betul sekali Mbaa setujuuu ๐Ÿ™‚

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s