Be Strong and Happy, Single!

Baru saja saya mendengar sebuah kabar gembira dari sahabat saya. Kali ini bukan tentang ekstrak kulit manggis, durian atau belimbing. Tetapi, berita bahwa ia telah melepaskan status singlenya di usianya yang ke-23 tahun. Sebagai seorang sahabat kos yang selalu saling bertukar isi hati atau “curhat”, saya ikut lega dan merasa bahagia.

“Bagaimana dengan Anda para single?”

Pertanyaan ‘kamu kapan?’ pasti sering dilontarkan oleh orang-orang di sekitar anda. Entah itu orang tua, saudara, teman bahkan sampai tetangga dan penjual bakso yang sering lewat depan rumah juga bisa berinisiatif mempertanyakan status anda. (kurang kerjaan banget ya?) Mungkin karena selalu dideru oleh pertanyaan-pertanyaan semacam itu, lahirlah bibit-bibit mental “jomblo ngenes” yang setiap hari hanya mampu meratapi kejombloannya, menyuarakan kegalauan di media sosial kala malam minggu tiba.

Mental “jomblo ngenes” merupakan sebuah bahaya laten yang bisa timbul di alam bawah sadar setiap single sehingga perlu diberantas sampai ke akar-akarnya. Atas dasar inilah tulisan ini diketengahkan kepada Anda yang khususnya berstatus jomblo, single dan sejenisnya yang tidak berpasangan, dengan sedikit humor dan banyolan yang di satu sisi menghibur para single, mengembangkan senyum di bibir yang berkerut dan di sisi lain yang paling utama adalah membangun mental para single menjadi seorang single yang berkelas.

Sebelum memulai tips-tips ini, perlu saya tegaskan bahwa dengan menjalani ini bukan berarti bahwa anda akan menjadi single selama-lamanya, perawan tua atau perjaka tua. Tidak. Saya juga tidak akan memberikan jaminan bahwa dengan mengikuti tips ini anda akan menjadi humansentris. Saya hanya ingin mengajak anda, bahwa selama anda dalam tahap “single” ini, anda akan memanfaatkannya dengan baik, untuk kebaikan anda sendiri dan orang-orang di sekitar anda.

Penerimaan

Semua proses dalam kehidupan selalu dimulai dengan penerimaan. Saat baru masuk dalam organisasi atau instansi baru pun selalu ada penerimaan, begitu pula dengan proses penalaran ini. Pertama, terimalah bahwa menjadi seorang single itu hanyalah sebuah tahapan dalam proses dalam kehidupan. Setiap orang pernah menjalani tahap ini, hanya masalah waktu. Ada yang cepat beranjak dari tahap ini, ada juga yang masih di sini (dan membaca tulisan ini). di setiap tangga atau pun tahap kehidupan, ada makna yang perlu kita pelajari.

Mungkin, anda yang saat ini sedang single masih memiliki pelajaran yang harus diselesaikan. Entah pelajaran itu apa. Kehidupan ini begitu luas dan masing-masing orang memiliki kurikulum kehidupannya sendiri. Anda pasti akan melewati tahap ini. Percayalah, bila sesuatu terjadi karena suatu alasan, sesuatu yang belum terjadi pun juga pasti karena suatu alasan. Ada kekuatan mahabesar yang tahu, bahwa saat ini dengan kesendirian anda, anda akan mencapai sesuatu yang lebih baik dibandingkan dengan anda dipasangkan dengan seseorang.

Cintai Diri Anda

monday-quotes-love-yourself-4

Diri anda atau badan anda adalah sahabat terbaik anda. Terkadang mungkin ada pikiran “why there is no one who love me?”. Menurut Rhonda Byrne dalam buku the Secret, semakin sering anda berpikir demikian, hal tersebut akan semakin kuat dan menjadi nyata. Tidak mau kan?

Actually, paling tidak ada keluarga atau beberapa sahabat yang dekat dengan anda dan sangat menghargai keberadaan anda. Hargailah diri anda sendiri seperti mereka menghargai anda. Jika anda telah mencintai dan menghargai diri anda sendiri, anda tentu tidak akan mengijinkan diri anda bersikap hal-hal yang akan melemahkan anda.

Mencintai diri berarti menghargai setiap waktu dan kesehatan yang diberikan pada anda. Mencintai diri berarti anda akan selalu berusaha menjaga diri anda tetap sehat, tetap ceria dan berperilaku yang baik.

Terkadang, melakukan introspeksi juga termasuk cara mencintai diri. Mungkin, ada beberapa sikap dalam diri anda yang menjadi sebab musabab kesingle-an anda saat ini. Out of physic. Anda sudah tercipta dengan kelebihan dan kekurangan. Don’t talk about your size, face or body. Love yourself the way you are. Karena bagaimana orang lain akan mencintai anda bila anda sendiri tidak mencintai diri anda?

and, always remember, God is also loving you and always do the best for you.

Be Positive, Proactive and Productive

408378_625610947449593_1753716428_n

inspiring-single-quotes2

tumblr_mk8qj3Dcef1s9u3jeo1_500

Selalulah miliki pikiran-pikiran yang positif. Anda dapat mengutip quote-quote yang bijak dari internet dan menggunakannya di hari-hari saat anda diserang kegalauan. Galau itu wajar. Tidak wajar apabila kegalauan itu berlarut-larut. Kegalauan adalah bentuk perasaan tak menentu karena pikiran yang negatif. gantilah pikiran negatif dengan pikiran-pikiran positif. Koleksilah lagu-lagu yang bersemangat dan hindari lagu-lagu yang hanya akan membuat anda merasa sedih.

(Jika anda single karena SuMo, atau susah move on, artikel berikutnya saya bahas cara untuk cepat Move on)

Proactive. Terkadang menjadi seorang single, anda mungkin akan dihadapkan pada perasaan kosong, sepi atau sendirian. Anda dapat bergabung dengan teman-teman anda, pergi dan jalan-jalan atau kerennya hang out. Ikut dalam kegiatan-kegiatan sosial, adventure juga dapat menjadi alternatif mengusir kegalauan.

Productive. Selama anda menjalani tahap single ini, jadilah seproduktif mungkin. You can learn or you can earn money. Bekerjalah. Jadilah single yang produktif, single yang mandiri atau single yang mapan.

tumblr_m4zke6XRkC1rt8b7fo1_500

You’re Not Alone

Jangan pernah merasa anda sendirian. Pernah dengar IJOLUMUT (Ikatan Jomblo Lucu dan Imut), JOJOBA (Jomblo Jomblo Bahagia) dan mungkin masih ada komunitas-komunitas jomblo lainnya baik yang eksis secara nyata atau hanya fiktif belaka. Selalu ingat anda tidak pernah sendirian, anda masih memiliki keluarga, sahabat dan tentunya sang pencipta diri anda. Tahu Ibu Theresa? Beliau seorang single tetapi saban hari hidup untuk orang-orang di sekitarnya. Entahlah, apakah Bunda Theresa pernah galau atau tidak, tetapi Beliau adalah salah satu contoh bahwa beliau juga single tetapi hebat karena lebih memilih memikirkan kepentingan sesama.

See the Benefit

Meskipun anda para single kadang iri melihat para couple, ketahuilah ada juga couple yang iri melihat para single. See the benefits. Lihat positif dan hal-hal yang menyenangkan dari seorang single. You can do everything you want, go everywhere you wanna go, berteman dengan siapa saja, mengejar mimpi dan meraih cita-cita tanpa harus galau dengan permasalahan dengan pasangan. See it? Maybe God see them for you.

—————————————————————————————–

Finally, Paman Mario Teguh pernah menyatakan suatu kalimat bagi para single, “Aku Single, tetapi aku mandiri… daripada kalian yang pacaran tetapi masih dibiayai orang tua,” dengan hashtag ASIMH (Awas Status Ini Mengandung Humor)

Quote ini bukan berarti single hate couple. Pesannya adalah, biarpun anda single tetapi jadilah SIMANTAP DARI TIMUR : Single Mandiri Tangguh Percaya Diri Damai Riang baik haTi Murah rezeki dan Rajin.

The last, menjadi seorang single bukan berarti anda menjadi seorang yang dingin, kaku, haters para couple atau penyendiri. Be a strong, happy and lovely single. Milikilah cinta di hati, cinta untuk diri anda, dunia dan kebaikan sesama. Jangan khawatir, seseorang yang baik pasti sudah disiapkan Tuhan di suatu tempat dan kalian akan dipertemukan di saat yang tepat, saat kalian telah membaikkan diri kalian masing-masing. 🙂

Advertisements

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s