Thomas – Seekor Anjing Kintamani di Keluarga Ini

2013-07-04 06.45.10

Namanya Thomas. Thomas adalah seekor anjing Kintamani. Pernah dengar lagu dari Shagy Dog? 

“Anjing Kintamani, beli dari pulau Bali” Ya. Anjing Kintamani ini berasal dari Kintamani, salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Bangli, Bali. Thomas sendiri lahir di Sukawana, desa di Kintamani yang memang terkenal sebagai penghasil anjing Kintamani.

Sebagai seorang yang memiliki tanah kelahiran di Bangli, saya merasa bangga atas satwa asli dari kabupaten saya sendiri. Kebanggan itu tentu harus dibarengi dengan pengetahuan yang sepadan supaya tidak asal koar-koar bilang bangga, tetapi pas ditanya tidak tahu apa.

Sejarah Anjing Kintamani

Ras anjing Kintamani diperkirakan telah ada sejak 600 tahun silam atau sekitar tahun 1400 masehi Anjing Kintamani awalnya dikatakan berasal dari ras Chow-chow, anjing Cina yang dibawa oleh saudagar Cina yang berkunjung ke pegunungan di Kintamani. Namun, setelah dilakukan penelitian oleh Puja (2005) yang mengkaji fenotif anjing Kintamani, didapatkan bahwa ras anjing ini berasal dari perkawinan antara anjing lokal jalanan yang ada di Bali. Anjing Kintamani juga disebutkan memiliki kemiripan dengan dingo Australia. Namun, diperkirakan dingo Australia tersebut berasal dari anjing Asia Tenggara yang dibawa ke Australia saat ekspansi Austronesia. [1]

Penghargaan untuk Anjing Kintamani

Anjing Kintamani telah diakui sebagai trah anjing Kintamani oleh Fédération Cynologique Internationale (FCI). Selain itu pengakuan yang sama terhadap anjing Kintamani juga diperoleh dari Asia Kennel Union (AKU). Tak cukup itu saja, Kementerian Pertanian RI juga memberikan pengakuan pada anjing Kintamani sebagai Anjing Rumpun Asli Indonesia pada Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan XIV tahun 2014. [2][3] [4] 

Ciri Khas Anjing Kintamani [5]

Anjing Kintamani memiliki sifat yang lembut dan penuh kasih sayang terhadap mereka yang telah dianggapnya sebagai keluarga. Namun, Kintamani bisa menjadi begitu agresif untuk melindungi wilayahnya. Mereka senang bergerak secara bebas, aktif, tetapi akan menggonggong ketika dihadapkan dengan situasi atau suara yang tidak dia kenal.

Anjing ini dapat digolongkan dalam kelompok anjing jenis pekerja dengan ukuran sedang, memiliki keseimbangan dan proporsi tubuh yang baik dengan pertulangan kuat yang dibungkus oleh otot yang kuat. Sifat yang dimiliki yaitu pemberani, tangkas, waspada dan curiga yang cukup tinggi, tetapi mudah untuk dilatih.

Sebagai anjing penjaga, anjing Kintamani dapat diandalkan, mengabdi dengan baik terhadap pemiliknya, loyal terhadap seluruh keluarga pemilik dan tidak lupa pada pemilik atau perawatnya. Anjing ini suka menyerang anjing atau hewan lain yang memasuki wilayah kekuasaannya dan juga menggaruk-garuk tanah sebagai tempat perlindungannya.

Anjing Kintamani merupakan anjing pegunungan, memiliki bulu yang panjang dengan warna putih spesifik, hitam atau cokelat. Penampilannya indah dengan ukuran sedang. Bulunya panjangnya tampak indah dan tebal, memiliki bulu badong atau bulu suri yang panjang di bagian leher dan ekor, bula gumba di bagian punggung serta berbulu terurai seperti ekor tupai atau janur.

Anjing ini memiliki kepala yang bersih, bagian atas lebar, dahi dan pipi datar dengan rahang besar dan kuat yang sesuai dengan ukuran kepala. Panjang moncong  anjing yaitu setengah dari panjang kepala dengan sedikit lekukan di tengah. Hidung berwarna hitam dan coklat tua. Warna hidung dapat berubah pucat atau sesuai dengan pertumbuhan usia.

Gigi gunting dengan jumlah gigi di rahang atas 20 dan di rahang bawah 22. Bibir berwarna coklat kehitaman, lidah berbintik biru atau kebiruan sepenuhnya. Mata berukuran sedang berbentuk lonjong seperti almond. Bulu mata berwarna putih, bola mata berwarna coklat hitam. Telinga kuat dan tebal, berdiri tegak dengan daun telinga menghadap agak kedepan berbentuk huruf V terbalik dengan ujung agak membulat. Leher kuat dengan panjang sedang, sistem perototan yang kuat, terlihat indah dan anggun serta bulunya bersusun dua dan tebal.

Perbandingan tinggi dan panjang badan anjing Kintamani adalah 9 : 10. Tinggi badan kintamani jantan sekitar 45-55 cm dan betinanya sekitar 40-50 cm. Punggung lurus dan kuat. Dada lebar dengan tulang dada mencapai siku kaki depan dan rusuk berbentuk oval. Ekor berdiri berbulu lebat, melingkar ke dapan dengan bagian tengah ke ujung melingkar sedikit keluar seperti ekor tupai atau janur yang mengembang.

Kaki depan anjing Kintamani lurus dan sejajar, jari-jarinya kuat dan mencengkram seperti kucing. Kaki belakangnya bila dilihat dari belakng berdiri sejajar, bila dilihat dari samping agak lurus dengan sedikit angulasi. Langkahnya ringan dan bebas. Kulit berpigmen, coklat kehitaman pada bagian hidung, kelopak mata, scrotum, anus, pelatum, bibir serta telapak kaki.

Anjing Kintamani juga dinyatakan mendapatkan nilai F10 untuk tes IQ yang dikatakan melebihi ras anjing lainnya. sayang, hanya sedikit orang-orang yang mengetahui tentang hal ini. Warna anjing Kintamani yang paling populer adalah warna putih, meskipun hitam, dan coklat seperti Thomas juga tak kalah menarik. Keistimewaan anjing Kintamani ternyata telah terkenal sampai ke Jakarta, Surabaya sampai Belanda. sayangnya lagi, justru warga lokal lebih memilih untuk memelihara ras anjing impor.Pameran anjing Kintamani telah diselenggarakan secara berkala dengan harapan dapat mempopulerkan dan menumbuhkan rasa cinta warga terhadap ras anjing asli Pulau Bali. 

Sebagai seorang warga lokal yang baik, sudah sepantasnya kita ikut serta menghargai dan melestarikan satwa asli Indonesia ini. 

– salam hangat dari keluarga ini dan salam juga dari Thomas 🙂 Anjing Kintamani yang telah menjadi bagian dari keluarga kami sejak 5 tahun lalu.

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Thomas – Seekor Anjing Kintamani di Keluarga Ini

  1. dulu…beli nya thomas dimana …?? ada breeder di desa sukawana…?? namanya…mgkn bisa jadi rekomend buat saya..kalo saya ke sukawana…utk cari anjing lagi. ( saya ingin cari yg coklat atau hitam…sbg pengganti Quinny anjing saya yg nanti terpaksa harus ikut sm orang tua utk menemani mereka )

    1. oalah kak ari, saya dikasi minta..ngga beli haha. Hm.. bukan breeder formal kak, tapi disana memang banyak yang punya anjing.. kalau langsung nyari mungkin dikasi lebih murah :)) wah, pencinta anjing kintamani juga?? 😀

  2. Bang saya dari bandung dari thn 90an sy sangat suka dengan kintamani dimana saya bisa dapetin soalnya di bdg tak ada

    1. Sebelumnya, terima kasih karena ikut menyukai anjing kintamani 🙂 Untuk memperoleh bibitnya anda bisa membeli langsung ke Kintamani atau bisa menghubungi penjual yang menawarkan bibitnya secara online

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s