OzONE SMANICHI 2006/2007

Berada di rumah dan menemukan peninggalan-peninggalan saya di waktu dulu rupanya menginduksi kenangan-kenangan di masa lalu. Salah satu barang yang berhasil mengantarkan saya kembali pada kenangan SMA adalah nametag panitia HUT Smanichi (SMAN 1 Bangli) yang ke 43. Nametag ini adalah barang otentik yang menjadi bukti bahwa dulu semasih SMA saya pernah aktif sebagai pengurus Organisasi Intra Sekolah (OSIS).

Waktu itu saya adalah siswa kelas B Smanichi yang ditunjuk teman-teman bersama 4 teman saya yang lainnya sebagai perwakilan untuk pemilihan pengurus OSIS yang baru.  Singkat cerita, saya akhirnya menjadi salah satu pengurus yang ditempatkan di bidang 4, bidang Kemanusiaan. Ketuanya Tu Ayu (kakak kelas), Yana (kakak kelas), Sri Imut  (kakak kelas), Eka Yuliawan dan saya sendiri. Selama menjadi anggota Bidang 4, kami dipercaya untuk menghandle acara kegiatan bakti sosial pemberian sembako di suatu desa di Kecamatan Susut (lupa nama desanya). Sayang.. tidak ada foto yang berhasil saya bawa kabur untuk kenang-kenangan padahal hari tersebut benar-benar menyenangkan.

Oya, kepengurusan OSIS tahun 2006/2007 diketuai oleh Putu Gian Aryanti, panggilannya “Ge”. Jujur, kagum sekali dengan sosok Ge, seorang wanita yang penuh antusiasme, brilian dan fashionable. Di bawah tampuk pemerintahan Ge, ada banyak inovasi yang tercipta. Mulai dari tema MOS (Masa Orientasi Siswa) yang bertemakan”Discipline is Fun” sampai diselenggarakannya pertandingan basket persahabatan SeKELABANGGIRANG (Kelungkung, Bangli, Gianyar dan Karangasem…kalau tidak salah).

Sebelumnya OSIS tidak punya panggilan khusus, begitu pula SMA N 1 Bangli. Akhirnya, dengan ide cemerlang dari kak Adit (yang sekarang sudah jadi dr. Putu Aditya Saputra, S.Ked) SMA N 1 Bangli dibuatkan nama lain, SMAN Ichi yang artinya SMAN 1 (satu dalam bahasa Jepang berarti ichi). Ya.. mungkin biar kalau mau kirim salam di radio bisa lebih gahol, seperti halnya Resman, Smanella dan lain-lain. Kak Adit juga membuatkan nama untuk OSIS, OzOne (baca:ozon) yang dirangkai dari kata OSIS dan One (satu dalam bahasa Inggris). Hal ini agar memudahkan para pengurus OSIS untuk berkumpul dikala Ge memanggil untuk rapat. Selain itu ya…biar eksklusif kali ya. Slogannya juga “Ozone ! Zona Eksklusif Smanichi!”

Banyak hal yang peroleh sebagai pengurus OSIS.

1. Belajar bersosialisasi dan berorganisasi.

2. Memiliki teman dan sahabat baru. Apalagi karena dari dua angkatan, akan semakin memudahkan koneksi apabila ada keperluan meminjam buku atau catatan (waktu itu catatan masih menjadi barang penting penyalur ilmu)

3. Memiliki akses lebih luas terhadap sekolah. Bebas memanfaatkan ruangan untuk tempat rapat, punya ruang OSIS dan sesekali boleh minjem printer sekolah untuk ngeprin (tentunya ngeprin surat OSIS)

4. Menambah self value. Menjadi seorang pengurus OSIS terasa eksklusif dan keren karena tidak semua siswa bisa menjadi pengurus. Selain itu hanya pengurus OSIS yang berhak me-MOS kan siswa-siswi baru (hehe). Selain itu, menjadi pengurus OSIS ternyata juga dipandang sebagai salah satu aspek penilaian kemampuan interpersonal, jadi serng kali menambah nilai lebih saat mendaftar ke perguruan tinggi.

5. Full of fun, full of memories. Jadi, selama menjadi pengurus saya merasa memiliki banyak kenangan yang tak terlupakan. Kenangan saat kemah pelantikan, saat-saat harus meninggalkan kelas saat jam pelajaran lalu pas balik ngga bisa ngerjain soal (hahaha), saat-saat datang ke sekolah padahal teman-teman pada liburan dan masih banyak lagi.

Everything you did, you would get some and lose some. But, at the end, i knew it is worthy. Love Ozone and all the people inside.

OZONE!

 

Advertisements

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s