Layang-layang Langit Senja

Sore ini saya sedang duduk di teras di lantai 2 depan kamar kos. Saya sedang menikmati satu piring tipat cantok lengkap dengan kerupuk berasnya. Oya, tak lupa saya memutar musik “Hero” yang diambil dari salah satu ambul milik Gus Teja. Sore ini terasa begitu sempurna.

 

Langit senja ini tampak cantik dengan warna biru muda bersemburat garis-garis putih bagai kapas, awan. Gradasi warna senja di ufuk barat yang keemasan dan awan yang menjadi jingga mengantarkan mentari ke peraduannya. Ada beberapa layang-layang yang dibelai angin, meliuk-liuk sesekali dan beberapa bagiannya yang terkibas memperlihatkan betapa angin menghempasnya dengan lembut. Sesaat, saya merasa ingin terbang seperti layang-layang.

 

Layang-layang itu seolah bebas meski hanya di satu tempat. Membumbung tinggi tapi tak terlepas. Sesekali angin melabuhkannya lebih rendah dan si tuan yang menggenggam tali akan menariknya lebih dekat. Angin kembali datang, perlahan layang-layang seperti menaiki tangga. Mereka kembali ke tempat yang tinggi itu, langit senja.

 

Layang-layang itu, tampak kecil dari tempat saya memandang. Namun, tentu saja ukurannya jauh lebih besar dari itu. Saya juga teringat dengan layang-layang banjar. Layang-layang ini berukuran sangat besar dan kadang perlu truk untuk mengangkutnya. Berat pasti. Bahkan lebih berat dari badan saya. Tetapi ajaibnya mereka bisa terbang. Bagi Paman Archimedes, itu bukanlah keajaiban tetapi hanya benda yang mengikuti prinsip aeorodinamika. Bahkan dengan prinsip itu pula Paman Habibie bisa menerbangkan pesawat besi yang beratnya berpuluh-puluh kali lipat dari layangan banjar.

layangan banjar 

 

 

Berat atau ringan, besar atau kecil, bila rancangan si layang-layang mengikuti ‘hukum’nya, ia akan terbang tentunya bersama angin.

Leave a comment

